Seminar Dampak Konvergensi IFRS Terhadap Bisnis

Dalam rangka menyongsong pemberlakuan Standar Akuntansi Keuangan yang sudah secara penuh menggunakan standar akuntansi internasional (Konvergensi IFRS) pada awal tahun 2012, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) telah mengambil langkah-langkah sosialisasi dini kepada publik mengenai dampak konvergensi IFRS terhadap laporan keuangan dan bisnis melalui seminar setengah hari (bukan seminar setengah hati lho..) dengan topik "Dampak Konvergensi IFRS terhadap Bisnis" yang diselenggarakan pada tanggal 28 Mei 2009 yang lalu di Hotel Borobudur Jakarta.
.
Peserta dari PGN
.
Dari PGN, kami cukup banyak mengirimkan peserta. Dari Kantor Pusat aja lebih sepuluh orang yang terdiri dari Divisi Akuntansi, Divisi Perbendaharaan, dan Divisi Keuangan Perusahaan. Belum lagi dari SBU I JBB, SBU II Jabati, SBU III Sumbagut, dan SBU TSJ.
.
Suasana peserta lain
.
Pada seminar itu disajikan pembahasan materi yang menyangkut konvergensi IFRS untuk maksud memudahkan pemahaman kepada publik atas laporan keuangan dengan penggunaan Standar Akuntansi Keuangan yang dikenal secara internasional agar dapat mempersiapkan diri dalam penerapannya di dunia bisnis khususnya yang berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan. Hal ini sangat penting mengingat penerapan konvergensi IFRS dimungkinkan sangat berpengaruh pada iklim dunia bisnis di Indonesia.
.
.
Disisi lain tujuan konvergensi IFRS adalah agar laporan keuangan berdasarkan PSAK tidak memerlukan rekonsiliasi dengan laporan keuangan berdasarkan IFRS dan kalaupun ada diupayakan hanya relatif sedikit sehingga pada akhirnya laporan auditor menyebut kesesuaian dengan IFRS, dengan demikian diharapkan meningkatkan kegiatan investasi secara global, memperkecil biaya modal (cost of capital) serta lebih meningkatkan transparansi perusahaan dalam penyusunan laporan keuangan.
.
Dengan konvergensi IFRS ini, PSAK akan bersifat principle-based, bukan rule-based lagi seperti selama ini. Hal itu memerlukan professional judgment, sehingga seiring peningkatan kompetensi harus pula dibarengi dengan peningkatan integritas. Peta arah (roadmap) program konvergensi IFRS yang dilakukan melalui tiga tahapan. Pertama tahap adosi (2008 - 2011) yang meliputi Adopsi seluruh IFRS ke PSAK, persiapan infrastruktur yang diperlukan, evaluasi dan kelola dampak adopsi terhadap PSAK yang berlaku. Kedua tahap persiapan akhir (2011) yaitu penyelesaian infrastruktur yang diperlukan. Ketiga yaitu tahap implementasi (2012) yaitu penerapan pertama kali PSAK yang sudah mengadopsi seluruh IFRS dan evaluasi dampak penerapan PSAK secara komprehensif.
.
Nah, dampak konvergensi IFRS terhadap bisnis itu antara lain:
1. Akses ke pendanaan internasional akan lebih terbuka karena laporan keuangan akan lebih mudah dikomunikasikan ke investor global
2. Relevansi laporan keuangan akan meningkat karena lebih banyak menggunakan nilai wajar.
3. Disisi lain, kinerja keuangan (laporan laba rugi) akan lebih fluktuatif apabila harga-harga fluktuatif.
4. Smoothing income menjadi semakin sulit dengan penggunakan balance sheet approach dan fair value
5. Principle-based standards mungkin menyebabkan keterbandingan laporan keuangan sedikit menurun yakni bila penggunaan professional judgment ditumpangi dengan kepentingan untuk mengatur laba (earning management)
6. Penggunaan off balance sheet semakin terbatas
.
Pembicara utama alias Keynote speech pada seminar ini adalah Dr. Fuad Rahmany (Ketua Bapepam dan Lembaga Keuangan) dan Nani Purwanti dari Bank Indonesia. Sedangkan tuan rumahnya adalah Ketua Dewan Standar Akuntasi Keuangan Ikatan Akutansi Indonesia (IAI), M Jusuf Wibisana. Klo aku pikir-pikir kenapa ya cuma Bapepam yang hadir, sedangkan dari Ditjen Pajak gak ada.
.
M Jusuf Wibisana
.
Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan, Ahmad Fuad Rahmany mengatakan program standar akutansi internasional ini sudah dicanangkan sejak Desember 2008 untuk jangka panjang. Tapi sebagian besar perusahaan masih belum siap menggunakan standar itu, sehingga diharapkan dalam dua tahun ke depan mereka sudah menggunakan IFRS. Badan pasar modal dunia (International Organization of Securities Commissions – IOSCO) juga telah mendorong Indonesia untuk menerapkan konvergensi IFRS.
.
Ahmad Fuad Rahmany
.
Pada kesempatan pertanyaan dalam seminar ini ada tiga hal yang aku tanyakan. Pertama, dengan penilaian nilai wajar oleh penilai independen (independent appraisal), apakah sudah ada standar dan kode etik bagi penilai independen? Karena setahuku, yang ada baru standar buat penilaian aset tetap. Sedangkan buat penilaian instrumen keuangan dan lainnya belum ada. Selain itu apakah sudah ada kode etik profesi penilai independen. Aku kuatir sekali karena dunia finance sangat beda dengan dunia akuntansi yang jelas standar dan kode etiknya. Klo di Eropa, mereka sudah punya standar, terutama di Inggris. Pada kesempatan itu dijawab, memang itu salah satu kendala konvergensi IFRS ini di Indonesia.
.
Siap-siap mau nanya nih...
.
Kedua, apakah tidak ada batasan baik itu berupa batas atas atau batas bawah dalam fluktuasi nilai wajar yang dibebankan sebagai biaya. Karena kalo tidak ada batasa, maka laba bersih di laporan keuangan akan seperti yoyo pada saat periode krisis. Pada kesempatan itu dijawab, sampai saat ini belum ada pemikiran akan adanya batasan tersebut.
.
Snack Time
.
Ketiga, masalah koordinasi dengan perpajakan, apakah aparat pajak mengerti tentang konvergensi IFRS ini? Karena setahuku mereka tidak pernah ada ikut seminar dan kursus mengenai IFRS. Hal ini akan menjadi debat kusir pada saat pemeriksaan pajak atas laporan keuangan. Atas pertanyaan ini dijawab akan segera koordinasi dengan pajak.
.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com

3 komentar:

  1. Halo Sahat, bagaimana kabar? Masih inget aku gak, temen kos di jalan jengkol dulu? Hehe.. Nglanjutin pertanyaan penutup tadi itu, masalah koordinasi dengan perpajakan. Kira2, masalah perpajakan apasajakah yang berpotensi untuk muncul setelah konvergensi IFRS ini? Terima kasih sebelumnya ya.

    BalasHapus
  2. keren blog'y.,informatif sekali.,.,

    udah pernah coba software akuntansi "ACCURATE", silahkan kunjungi blog saya dan download versi trialnya.,untuk informasi lebih lanjut mengenai software akuntansi ACCURATE silahkan hubungi saya.,

    Terima kasih., :)

    BalasHapus
  3. terimakasih ilmunya, blognya sangat inspiratif da kontennya sangat membantu..

    BalasHapus